Saya merasa beruntung dilibatkan dalam acara semalam. Acara Festivart Tanah Merah ini adalah program Seniman Mengajar dari Kemendikbud. Empat orang tersebut telah saya undang ke Apresiasi khusus di RRI Pro 1 Sumenep, di mana Ruang Apresiasi itu menjadi ruang saya dalam merawat hobby saya yaitu menjadi presenter, tentu saya juga siap menjadi presenter panggilan asal jelas MoUnya.

Saya memang melibatkan diri ketika salah satu dari Seniman Mengajar itu, meminta keterlibatan kami, baik secara person atau sebagai komunitas Kampoeng Jerami. Pun demikian, sebenarnya saya juga ingin belajar menjamu tamu yang datang ke Sumenep dengan baik serta belajar kepada mereka.

Komitmen untuk terus belajar dan belajar menjadi tuan rumah yang baik itulah, akhirnya dari awal saya kuatkan untuk terlibat dalam proses Seniman Mengajar ini, karena sebenarnya kita sama manusia, sama pegiat kesenian, dan ini bagian dari terciptanya ekosistem kesenian yang organik dan penuh rasa kekeluargaan.

Hal semacam itulah yang semalam saya dapatkan, saya tak akan memuji tapi yang datang pada acara semalam, pasti mufakat bahwa keterlibatan warga dan antusias masyarakat sekitar yang mulai awal acara sampai acara selesai:

Begitu hiruk, begitu menikmati adalah bagian penting yang saya saya catatkan sebagai salah satu keberhasilannya. Dan, kebetulan Ruang Titik Temu Komunitas Kampoeng Jerami juga menjadi pengisi dan penyaksi acara yang luar biasa tersebut.

Festivart Tanah Merah adalah pentas klosal yang mengambil tema kecil dengan tema pementasan teater, tari, video dan seni rupa “Rokat Tase’ dan Sang Rato” yang juga diangkat dari kekayaan tradisi berlatar sejarah Raden Arya Wiraraja.

Saya pikir, semakin banyak yang datang ke Sumenep, semakin banyak Seniman yang mau berbagi pengalamannya dalam dunia kreatif dan keseniannya, akan berdampak makin kayanya generasi kesenian ke depan. Meski di Sumenep sendiri tak sedikit dan banyak sekali pegiat kesenian yang juga hebat dan luar biasa.

*Mari terus menjaga dan merawat ekosistem ini, dengan semangat belajar bersama.*

Laporan Presenter Gelap
Bukan Fendi Kachonk.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here